Efektifitas Pengembangan Media Belajar Online Game Wordwall Mata Pelajaran PAI SMPN 3 Bengkulu Tengah Di Era New Normal

Authors

  • Tika Nurul Hidayati SMPN 3 Bengkulu Tengah

Keywords:

Game Wordwall, Kuesioner; Media Belajar; New Normal, PAI

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis efektifitas pengembangan media belajar online game wordwall mata pelajaran Pendidikan Agama Islam atau disingkat PAI materi makanan dan minuman halal dan haram di era new normal. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket online melalui link google form. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 8A SMPN 3 Bengkulu Tengah sebanyak 24 responden dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan respon positif terhadap penggunaan media belajar game wordwall sebesar 91,11%. Respon sisa terhadap layout game wordwall masuk pada kategori baik (89,2%). Respon siswa terhadap kemenarikan dan kesesuaian materi masuk pada respon sangat positif (91,76%). Dari temuan penelitian yang didapat, kendala terbesar dari penggunaan game ini adalah terletak pada tipe layar android yang dimiliki siswa, semakin kecil layar maka tampilan gambar dan tulisan juga kecil. Namun secara keseluruahn penggunaan game wordwall sangat efektif dan menarik digunakan dalam pembelajaran PAI materi makanan dan minuman halal dan haram.

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Creswell, J. W. 2012. Educational research: planning conduction, and evaluating quantitative and qualitative research. Educational research, Vol.4. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. 2020. Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasapandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS: 8(1), 12-24

Jumirah, Sari, P.A., Kusnadi, E., & Oktaviani, A. 2021. Analisis Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah pada Kegiatan Green-Chemistry Dalam Kondisi New Normal Pandemi Covid-19. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains: 2(2), 40-48

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Laily, Nujumul. 2021. Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan: 3(4), 1437-1445

Mansir, F., & Purnomo, H. (2020). Optimasi Peran Guru Ideal dalam Pembelajaran Fiqh di Masa Pandemi Covid-19. Junal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah: 5(2), 97-105

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nupus, H., Triyogo, A., & Valen, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Pendamping Tematik Terpadu Berbasis Kontekstual Pada Siswa Sekolah Dasar. 5(5), 3279–3289.

Pratami, F., & Siregar, S. D. (2020). Optimalisasi Peran Guru Pai Terhadap Hasil Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19. Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam: 1(1), 25-35

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Wordwall. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: 3(1), 70-77

Salsabila, U. H., Agustin, A., Safira, F., Sari, A., & Sundawa, A. (2021). Manfaat Teknologi Bagi Mata Peajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan: 2(1), 125-132

Sari, P. A., Jumirah., & Oktaviani, A. D. (2021). Analisis Pembelajaran Daring dan Penggunaan Quizizz Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran IPA. Jurnal Karakter: 2(1), 1-9

Shiddiq, Jamaluddin. (2021). Inovasi Pemanfaatan Wordwall Sebagai Media Game-Based Learning untuk Bahasa Arab. Jalie: 5(1), 151-169

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles