Program Pembelajaran Tahfidz Qur’an Di Sekolah Dasar 04 XIV Koto Kabupaten Mukomuko
Keywords:
Pembelajaran, Tahfidz Qur’anAbstract
Pendidikan Agama Islam dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Tidak hanya itu, sebagian besar orang saat ini berharap anak-anaknya menjadi hafidzul Quran. Sayangnya, masih banyak sekolah dasar Negeri yang belum mampu menyelenggarakan pembelajaran tahfidz/ menghafal Al-Qur’an secara efektif dikarenakan sistem yang digunakan belum optimal. Tujuan artikel ini ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Qur’an di SDN 04 XIV Koto dan faktor-faktor pendukung dan penghambat jalannya pembelajaran itu. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif yang di laksanakan selama 1 bulan yaitu dari tanggal 23 Maret April s/d 23 April 2022. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi SDN 04 XIV Koto. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Qur’an di SDN 04 XIV Koto sebagai berikut: Materi yang diberikan kepada siswa adalah Al-Qur’an juz 30, makharijul huruf dan tajwidnya. Metode yang dipakai dalam menghafal Al-Qur’an adalah metode wahdah, sima’, jama‟i dan Murojaaah. Sistem Evaluasi pembelajaran ada dua yaitu secara lisan, yaitu pada saat UTS (Ulangan Tengah Semester. Faktor Pendukung pembelajaran Tahfidz Qur’an di SDN 04 XIV Koto adalah: Anak-anak aktif menghafal; selalu dibaca berulang-ulang dengan teman yaitu dengan dibuat kelompok; dimuraja‟ah orang tua dirumah. Faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an antara lain: anak-anak tidak aktif menghafal; tidak mau membaca berulang-ulang dengan teman yaitu dengan dibuat kelompok/ diam saja; tidak dimuraja‟ah orang tua dirumah.
References
Ariffin, Sedek. (2015). Module Of Al-Quran Memorization According To Capability And Period. International Proceedings of Economics Development and Research. vol.83: Halaman. 88
Eveline Siregar, Hartini Nara. (2014). Teori belajar dan Pembelajaran. Cet. 3, Bogor: Ghalia Indonesia.
Hadi, Sutrisno. (1989). Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam Pemberdayaan Pengembangan Kurikulum hingga Redifinisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Nuansa.
Muhammad Ikhwanuddin, Che Noraini Hashim. (2014). Relationship between Memorization Technique, Mastery of the Arabic Language andUnderstanding of the Qur‟an. IIUM Journal of Educational Studies. 2:2: Halaman. 91.
Muslimin. (2002). Metode Penelitian di Bidang Sosial. Cet. 1. Malang: Bayu Media & UMM Press.
Nazia Nawaz1& Prof. Dr. Syeda Farhana Jahangir. (2015). Effects of Memorizing Quran by Heart (Hifz) On Later Academic Achievement. Journal of Islamic Studies and Culture. Vol. 3, No. 1, pp. 58-64: Halaman. 59.
Sudaryono, dkk. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syarifudin, Ahmad. (2004). Mendidik Membaca, Menulis dan Mencintai al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur’an. 2004. Al-Qur‟an dan Terjemahnya. Semarang: CV. Al Waah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Zulaiha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.